Kamis, 20 Oktober 2011

peran pemasaran dalam perusahaan

Peran pemasaran dalam perusahaan
Istilah pemasaran berasal dari istilah pasar  yang merupakan sekelompok penjual dan pembeli yang mau mempertukarkan barang dan jasa untuk sesuatu yang bernilai.
Konsep pemasaran berarti bahwa organisasi mengarahkan semua upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menghasilkan laba. Konsep pemasaran adalah gagasan sederhana tetapi sangat penting.

Para manajer yang pandai mengganti orientasi produksi ini dengan orientasi pemasaran. Orientasi pemasaran berarti berusaha melaksanakan konsep pemasaran ketimbang hanya berusaha menarik pelanggan untuk membeli produk perusahaan.


Program pemasaran adalah bagian terpadu dari rencana strategik perussahaan yang telah dibahas sebelumnya.
Proses manajemen perusahaan


-Perencanaan manajemen strategis perusahaan
menyesuaikan sumberdaya dengan peluang pasar

Perencanaan pemasaran
Menetapkan tujuan
Menilai peluang
Merencanakan strategi pemasaran
Menyusun rencana pemasaran
Menyusun program pemasaran

-Melaksanakan rencana dan program rencana
                                                                                   
-Mengendalikan rencana dan program pemasaran
Mengukur hasil
Menilai kemajuan



Variabel bauran pemasaran dalam strategi pemasaran
- Produk
- Tempat
- Promosi
- Harga

Unsur-unsur program pemasaran perusahaan:
pasar target+ bauran pemasaran= strategi pemasaran+ rincian waktu dan prosedur pengendalian= rencana pemasaran+ rencana pemasaran lainnya= program pemasaran perusahaan.

Pekerjaan manajemen perusahaan adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan. manajemen pemasaran harus mengkaji lingkungan terus menerus untuk mencari peluang menarik dan merencanakan strategi baru. Pengendalian diperlukan untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan rencana. apabila terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya, umpan balik terus menerus memberi masukan untuk memperbaiki atau memulai lagi proses dari awal.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar