Peran pemasaran dalam perusahaan
Istilah pemasaran berasal dari istilah pasar yang merupakan sekelompok penjual dan pembeli yang mau mempertukarkan barang dan jasa untuk sesuatu yang bernilai.
Para manajer yang pandai mengganti orientasi produksi ini dengan orientasi pemasaran. Orientasi pemasaran berarti berusaha melaksanakan konsep pemasaran ketimbang hanya berusaha menarik pelanggan untuk membeli produk perusahaan.
Program pemasaran adalah bagian terpadu dari rencana strategik perussahaan yang telah dibahas sebelumnya.
-Perencanaan manajemen strategis perusahaan
menyesuaikan sumberdaya dengan peluang pasar
menyesuaikan sumberdaya dengan peluang pasar
Perencanaan pemasaran Menetapkan tujuan Menilai peluang Merencanakan strategi pemasaran Menyusun rencana pemasaran Menyusun program pemasaran -Melaksanakan rencana dan program rencana |
-Mengendalikan rencana dan program pemasaran Mengukur hasil Menilai kemajuan |
Variabel bauran pemasaran dalam strategi pemasaran
- Produk
- Tempat
- Promosi
- Harga
Unsur-unsur program pemasaran perusahaan:
pasar target+ bauran pemasaran= strategi pemasaran+ rincian waktu dan prosedur pengendalian= rencana pemasaran+ rencana pemasaran lainnya= program pemasaran perusahaan.
Pekerjaan manajemen perusahaan adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan. manajemen pemasaran harus mengkaji lingkungan terus menerus untuk mencari peluang menarik dan merencanakan strategi baru. Pengendalian diperlukan untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan rencana. apabila terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya, umpan balik terus menerus memberi masukan untuk memperbaiki atau memulai lagi proses dari awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar