Minggu, 02 Oktober 2011

Pengertian Budaya

Menurut E.B Tylor, budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan,hukum, adat istiadat,dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang di dapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.


Menurut R. Linton, kebudayaan adalah dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang dipelajari, dimana unsur pembentuknya di dukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.


Menurut Koentjatiningrat mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.


Menurut Selo soemardjan dan Soelaeman soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.


Menurut Herkovits, kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.


dengan demikian kebudayaan atau budaya menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik material maupun non material.sebagian besar ahli yang mengartikan kebudayaan seperti ini kemungkinan besar sangat dipengaruhi oleh pandangan evolusionisme, yaitu suatu teori yang mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan sederhana menuju tahapan yang lebih kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar